Peredaran darah besar pada manusia

Peredaran darah besar yaitu dari jantung ke seluruh tubuh kemudian kembali lagi ke jantung. Dari batang pembuluh vena cava atas dan bawah, darah masuk ke serambi kanan. 

Setelah melalui serambi kanan, darah dipompa masuk ke bilik kanan. Selanjutnya darah masuk ke arteri paru-paru kemudian masuk ke paru-paru. Darah yang berasal dari vena paru-paru masuk ke serambi kiri, kemudian dialirkan ke bilik kiri.
Selanjutnya dari bilik kiri darah masuk ke pembuluh besar atau aorta untuk kemudian diedarkan ke seluruh tubuh. Darah yang mengalir menjauhi jantung dibawa oleh pembuluh darah arteri atau pembuluh nadi.
Sistem Peredaran Darah Besar dan Kecil Pada Manusia
Gambar: Peredaran Darah Besar

Darah yang menjauhi jantung membawa oksigen dan zat makanan, kecuali arteri pada paru-paru yang tidak mengandung oksigen dan zat makanan. Alur peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh yang dibawa oleh arteri adalah sebagai berikut.

Jantung ==> Arteri ==> Arteriolum ==> Pembuluh nadi (arteri) kapiler
Sedangkan darah yang mengalir menuju jantung dibawa oleh pembuluh darah vena atau pembuluh balik. Pembuluh darah vena mengandung CO2, sedikit oksigen (O2), dan sedikit sari makanan, kecuali pada vena paru-paru yang mengandung lebih banyak O2 dan sari makanan.

SUMBER: http://www.guruipa.com/2015/12/sistem-peredaran-darah-besar-dan-kecil.html
Previous
Next Post »
0 Komentar