Gagal Ginjal

1. Apa yang menyebabkan seseorang mengalami gagal ginjal 

jawab: 

1. Alkohol
Kebiasaan buruk pertama yang menyebabkan seseorang terkena gagal ginjal adalah sering mengkonsumsi alkohol. Kebiasaan ini bisa membebani kerja ginjal Anda karena organ tersebut akan bekerja dua kali lebih keras untuk menetralisir dan menyaring racun yang terkandung didalam alkohol. Nah, apabila ginjal terus menerus bekerja keras setiap harinya maka akan membuat fungsinya menurun dan kemudian rusak sehingga menyebabkan gagal ginjal.

2. Dehidrasi
Dehidrasi atau kekurangan cairan secara terus menerus tidak hanya membuat Anda menjadi lemas tetapi lama-kelamaan akan membuat fungsi ginjal Anda menjadi terganggu. Cairan sangat dibutuhkan pada saat proses sekresi ginjal, apabila tubuh kekurangan cairan maka tentu saja akan membuat kinerja ginjal semakin berat untuk melakukan sekresi sehingga ini bisa menyebabkan seseorang terkena gagal ginjal. Konsumsilah air putih setidaknya 8 gelas sehari agar cairan tubuh Anda tercukupi.

3. Hipovolemia
Apakah Anda pernah mendengar kata Hipovelemia ? Hipovelemia merupakan kondisi dimana jumlah darah yang ada didalam tubuh berkurang yang disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya adalah pendarahan hebat, kecelakaan, atau akibat operasi. Jika tidak ditangani dengan cepat maka orang yang mengalami Hipovelemia akan mengalami gagal ginjal akut.

4. Keracunan
Penyebab seseorang terkena gagal ginjal akut selanjutnya adalah karena keracunan obat atau jamu. Untuk itu Anda jangan sembarangan mengkonsumsi obat-obatan atau jamu diluar sana tanpa resep dokter karena bisa membahayakan kesehatan ginjal Anda, jika terjadi keracunan maka bisa menyebabkan gagal ginjal.

5. Pukulan
Gagal ginjal juga bisa diakibatkan oleh pukulan atau benturan benda keras. Hal ini bisa menyebabkan ginjal kita menjadi cidera sehingga akan menganggu kinerja ginjal. Apabila sudah demikian maka resiko untuk terkena gagal ginjal sangatlah besar.

6. Minuman Energi
Minuman berenergi memang membuat tubuh menjadi bugar dan bisa meningkatkan stamina secara instan, biasanya orang-orang yang sangat sibuk dan pekerja keras sangat mengandalkan minuman berenergi untuk menjaga mereka agar tetap aktif. Namun tahukah Anda bawah kebiasaan mengkonsumsi minuman berenergi ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda terutama kesehatan ginjal, bahkan bisa mengakibatkan gagal ginjal.

7. Darah Tinggi
Darah tinggi merupakan penyakit yang disebabkan oleh kelebihan kolesterol didalam tubuh. Selain bisa menyebabkan stroke, darah tinggi juga bisa membuat seseorang mengalami gangguan ginjal.

8. Diabetes
Diabetes juga merupakan penyakit mematikan karena bisa membuat penderitanya mengalami komplikasi. Bahkan seseorang yang menderita diabetes sangat rentan terkena penyakit gagal ginjal karena insulin yang dihasilkan oleh tubuh tidak berkualitas maka akan memperberat kinerja ginjal dalam memfilter racun didalam tubuh.

9. Saluran Kemih Tersumbat
Saluran kemih tersumbat menyebabkan terhambatnya urin untuk keluar sehingga hal ini akan membuat urin berbalik ke ginjal. Jika tidak diatasi dengan cepat maka lama-kelamaan urin tadi akan semakin tinggi dan menekan ginjal Anda, hal inilah yang kemudian membuat ginjal menjadi rusak dan pada akhirnya menyebabkan gagal ginjal.

10. Batu Ginjal
Penyebab terakhir seseorang bisa terkena gagal ginjal akut adalah karena adanya batu ginjal. Batu yang ada didalam ginjal akan menghalangi fungsi dan kinerja ginjal sehingga lama kelamaan akan membuat seseorang menderita gagal ginjal.

2. Mengapa penderita gagal ginjal mengalami cuci darah

jawab:
  • Kondisi pH darah pasien yang sangat rendah dan tidak dapat dinaikkan lagi dengan obat-obatan.
  • Kondisi keracunan, dilakukan cuci darah untuk membantu menurunkan tingkat keracunannya, seperti keracunan methanol.
  • Kondisi dengan tingkat sisa metabolisme ureum dalam tubuh sangat tinggi dengan gejala klinis sbb: mual muntah, kecegukan yang tidak berhenti, penurunan kesadaran, bahkan bisa kejang - kejang.
  • Elektrolit imbalance. Pada umumnya yang menjadi masalah adalah kelebihan kalium, menjadi hiperkalemi. Kondisi ini bila tidak segera diatasi dapat menyebabkan gangguan pada jantung.
  • Terjadi penumpukan cairan di dalam tubuh. Biasanya terjadi penumpukan cairan dalam paru-paru yang disebut sebagai Edema Paru, sehingga menyebabkan pasien menjadi sesak nafas hebat
3. Bagaimana proses hemodialisis

jawab:

Hemodialisis berarti proses pembersihan darah dari zat-zat sampah, melaluiproses penyaringan di luar tubuh. Hemodialisis menggunakan ginjal buatan berupa mesin dialisis. Hemodialisis dikenal secara awam dengan istilah 'cuci darah'.

4. Bagaimana caranya kamu agar tidak sampai mengalami sakit ginjal

jawab:

1. Perbanyak konsumsi air minum

Untuk menjaga ginjal agar tetap berfungsi dengan baik, salah satunya dengan memperbanyak minum air. Karena itu, kita dianjurkan minum air sebanyak 10 gelas (kurang lebih 2000 ml) per hari. Gunanya agar ketersediaan air dalam tubuh terpenuhi, sehingga volume darah dalam tubuh cukup. Jika volume darah cukup, maka aliran darah ginjal menjadi baik. Dan jika aliran darah ginjal baik, maka kerja ginjalpun juga akan baik. Selain itu, pasokan air yang cukup akan membantu menjaga terpeliharanya laju penyaringan (filtrasi) ginjal. Hal ini akan menghalangi penumpukan kristal – kristal yang dapat berpotensi membentuk batu ginjal serta akan memperbesar tekanan alir, sehingga akan memperlancar pembuangan racun – racun (zat – zat tidak berguna) dalam tubuh.

2. Variasi menu makanan harus seimbang

Biasakan menjalankan pola makan seimbang. Artinya, dalam kengkonsumsi menu makanan setiap hari harus memperhatikan keseimbangan antara gizi, vitamin, protein maupun mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kelebihan kadar protein justru akan menambah beban bagi ginjal untuk mengeluarkan sisa – sisa olahannya. Sedangkan variasi menu makanan sehari hari, justeru akan membantu menghindari timbunan sisa olahan (sisa metabolisme) dalam unit terkecil saringan ginjal.

3. Berolah raga secara rutin

Membiasakan diri berolah raga secara teratur akan membuat sirkulasi darah menjadi lancar, sehingga jantung menjadi sehat. Jika jantung kita sehat, maka aliran darah ke ginjal juga menjadi baik, dan ginjalpun berfungsi normal. Untuk itu lakukanlah olah raga ringan seperti jogging, jalan kaki, bersepeda, berenang atau lainnya secara rutin, paling tidak 3 sampai 5 kali dalam seminggu, masing – masing selama kurang lebih 30 menit.

4. Berhati-hati dalam pemakaian obat

Pemakaian obat diluar anjuran bisa jadi justeru merugikan kesehatan itu sendiri. Karena setiap obat, khususnya obat – obatan kimia, pada umumnya memiliki efek samping. Jadi bukannya menjadikan penyembuh, tetapi malah sebaliknya, akan menjadi racun bagi tubuh. Untuk itu mintalah nasihat dokter atau ahli pengobatan medis lainnya, jika ingin menggunakan obat – obatan kimiawi. Disamping itu juga disarankan agar waspada terhadap pemberitaan – pemberitaan tentang manfaat herba, khususnya obat – obatan herba yang belum dikenal secara luas memiliki khasiat - khasiat tertentu. Karena biasanya obat – obatan jenis ini tidak mencantumkan kandungan zat dalam kemasan obat itu sendiri. Kecuali obat – obatan yang telah terbukti serta dikenal luas manfaatnya bagi kesehatan, seperti madu, jintan hitam, temu lawak, daun sambiloto dan sebagainya.

5. Lakukan pemeriksaan secara berkala

Sebagai langkah antisipasi maupun pemeriksaan lanjutan, pemeriksaan kesehatan secara berkala perlu dilakukan. Baik itu general chek – up (pemeriksaan keseluruhan), maupun pemeriksaan ke laboratorium, khususnya pemeriksaan terhadap urine maupun darah agar dapat diketahui kadar kreatinin dalam darah maupun racun – racun tubuh lainnya. Sehingga kita bisa mengantisipasi bila ada hal – hal yang perlu segera ditangani.

berikut adalah video cuci darah



Previous
Next Post »
0 Komentar